Pada tanggal 24/04/2024 di Pantai Barane Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat dilakukan pelepasan 86 tukik penyu. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kelompok KOBAR Lestari, Hasria yang juga merupakan mahasiswa Jurusan Perikanan FAPETKAN Universitas Sulawesi Barat.

Gambar. Tangkapan layer Hasria mahasiswa Jurusan Perikanan Unsulbar dan Ketua KOBAR Lestari Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=lEDC7iNwWJA

“Aktivitas pelepasan penyu merupakan aktivitas tahunan dan hanya setahu sekali karena penyu hanya bertelur setahun sekali”, ujar Hasria yang juga merupakan finalis Mawapres Universitas Sulawesi Barat.

Gambar. Briefing sebelum melakukan pelepasan tukik* (ki). Aktivitas pelepasan tukik (kn) Sumber : * https://www.mandarnews.com

Tidak ketinggalan Dosen dari Jurusan Perikanan FAPETKAN Universitas Sulawesi Barat turut hadir dalam kegiatan tersebut sembari memaparkan kepada peserta pentingnya menjaga kelestarian penyu.

“Penyu merupakan salah satu hewan dilindungi sehingga pelepasan tukik penyu sangat momentual bagi lingkungan perairan”, ujar Dian Lestari, M.Si, Kepala Laboratorium Perikanan Universitas Sulawesi Barat yang juga didampingi oleh Chairul Rusyd Mahfud, M.Si Kepala Laboratorium Basah Universitas Sulawesi Barat.

“Perairan pesisir Kabupaten Majene sangat beruntung karena tidak semua areal pesisir dapat menjadi tempat pendaratan penyu untuk bertelur sehingga kita perlu menjaga kelestarian wilayah pesisir”, tambah Rahmat Januar Noor, M.Si salah satu dosen yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.